Powell: Ekspektasi Terhadap Perekonomian Amerika Sangat Tinggi

| Wednesday, 3 October 2018 - 12:12 | Reply

Jerome Powell

Presiden Fed, Jerome Powell, mengatakan situasi ekonomi Amerika yang solid dengan angka pengangguran yang rendah dan inflasi yang mendekati target membuat ekspektasi terhadap perekonomian menjadi sangat tinggi.

Dilansir dari CNBC, Powell mengatakan kedua indikator utama tersebut tidak secara akurat menggambarkan kondisi perekonomian Amerika seluruhnya. Dalam sebuah konferensi di Boston, Powell sejauh ini sejumlah data lain juga mendukung proyeksi positif tersebut dan sejumlah analis juga memprediksi situasi positif ini akan terus berlanjut.

Menurutnya, situasi seperti ini belum pernah terjadi. Biasanya, inflasi Amerika cenderung rendah dan tingkat pengangguran sangat rendah, namun tidak pernah seperti sekarang. SItuasi ini adalah buah dari upaya Fed untuk mengontrol ekspektasi inflasi dengan ketat. Misalnya, jika ekspektasi inflasi meningkat, para pelaku bisnis akan menaikkan harga dan tingkat gaji untuk meredamnya. Forward guidance dari Fed juga terus dimanfaatkan untuk meyakinkan masyarakat bahwa inflasi akan dijaga sekitar 2%.

Tags: , , , ,

Category: Fundamental