Moody’s: Brexit Tanpa Kesepakatan Bisa Rusak Ekonomi Inggris

| Thursday, 13 September 2018 - 15:42 | Reply

Moody's

Dalam laporan terbaru yang dirilis Moody’s disebutkan bahwa Brexit tanpa kesepakatan bisa merusak perekonomian Inggris, sekaligus berdampak negatif bagi kekuatan fiskal dan rating kredit mereka.

Harus diakui bahwa kemungkinan tidak ada kesepakatan terus meningkat akhir-akhir ini. Namun Moody’s optimis Britania dan Uni Eropa bisa mencapai kesepakatan untuk sebagian besar perjanjian dagang, walaupun tidak semuanya.

Moody’s mengingatkan pentingnya kesepakatan untuk menggantikan perjanjian yang ada saat ini. Dampak dari tidak adanya kesepakatan antara Uni Eropa dan Britania tidak mungkin bisa diukur dan kedua belah pihak pastinya akan mengambil langkah-langkah signifikan untuk membatasi dampak tersebut jika tidak ada kesepakatan yang terjadi.

Tanpa kesepakatan, akan ada banyak pihak yang dirugikan. Inggris akan mengalami kerusakan ekonomi dan perusahaan-perusahaan serta bank-bank asal Inggris akan kesulitan, termasuk kemungkinan anjloknya nilai tukar GBP, yang tentunya berdampak negatif bagi inflasi dan tingkat pendapatan rakyat. Bagi Uni Eropa, negara-negara seperti Irlandia, Belanda, Siprus dan Malta akan sangat merasakan dampak negatifnya bagi perdagangan mereka.

 

Tags: , , , ,

Category: Fundamental