ING: Masa Depan WTO Terancam

| Wednesday, 28 November 2018 - 21:24 | Reply

ING Bank

ING berpendapat pertemuan G20 akhir pekan ini belum bisa menyelesaikan masalah perdagangan, terutama konflik antara Amerika dan China. Oleh karenanya, masa dengan World Trade Organization (WTO) pun terancam.

Jika konflik di antara kedua negara semakin memanas, otoritas WTO pun diperkirakan akan terancam karena Presiden Donald Trump sebelumnya sudah mengancam akan keluar dari WTO jika tidak ada reformasi kebijakan. Amerika ingin WTO memberikan kemudahan bagi para anggotanya untuk bersikap melawan praktik perdagangan tidak adil oleh anggota lain, di antaranya China.

Memanasnya perang dagang Amerika dengan China tentunya akan membuat hubungan antara WTO dan Amerika juga merenggang. Amerika akan menerapkan tarif yang lebih tinggi, memicu keresahan oleh negara-negara anggota WTO lainnya.

Otoritas WTO di sini diragukan karena Amerika bisa saja memilih keluar dari organisasi tersebut dan WTO diperkirakan tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa partisipasi Amerika, yang perekonomiannya merupakan yang terbesar kedua di dunia.

Tags: , , , , ,

Category: Fundamental