Draghi: Semua Pihak Harus Berkomitmen, Sabar dan Bijaksana

| Thursday, 20 July 2017 - 20:09 | Reply

Mario Draghi

Gubernur ECB, Mario Draghi, menghadiri konferensi pers bank sentral malam ini untuk menjelaskan situasi perekonomian Eurozone dan faktor-faktor yang mendasari pengambilan keputusan suku bunga dan QE ECB. Draghi menjelaskan bank sentral akan melanjutkan pembelian bond senilai EUR 60 miliar per bulan dan mungkin ditambah atau diperpanjang jika diperlukan.

Perekonomian sejauh ini dinilai seimbang namun inflasi masih lemah. Ia pun menyerukan kepada semua pihak untuk tetap berkomitmen, sabar dan bijaksana karena hingga saat ini masih belum ada tanda-tanda inflasi membaik. Namun untuk jangka panjang, Draghi optimis pulihnya ekonomi global akan membantu Eurozone, khususnya dari sisi perdagangan dan ekspor.

Draghi juga menjelaskan ECB akan sangat berhati-hati dalam memperketat kebijakannya. Perekonomian Eurozone masih butuh kebijakan akomodatif dan pengetatan kebijakan yang terlalu dini atau terlalu cepat akan mengacaukan pemulihan ekonomi kawasan. Ia pun menegaskan sangat yakin terhadap kekuatan dan potensi paket-paket kebijakan moneter yang sudah diterapkan ECB selama ini.

Tags: , , , , , , ,

Category: Fundamental